Contoh Seni Rupa 2 Dimensi

Firespringfund – Setiap orang mempunyai selera yang berbeda-beda terhadap seni, begitu pula karya seni memiliki kesan perasaan yang berbeda-beda tergantung penciptanya. Karya seni rupa sendiri terbagi menjadi dua, yaitu 2 dimensi dan 3 dimensi. Karya seni 2 dimensi sendiri adalah sebuah karya seni yang hanya memiliki sisi panjang dan lebar, sehingga seni rupa 2 dimensi ini tidak memiliki ruang atau dimensi yang bisa kita lihat dari segala sisi seperti 3 dimensi. Berikut adalah contoh seni rupa 2 dimensi.

Contoh Seni Rupa 2 Dimensi Dan Penjelasannya

1. Lukisan

Karya seni lukis sering kali kita lihat sebagai hasil dari karya seni rupa 2 dimensi. Lukisan terbagi menjadi beberapa jenis lainnya, ada yang memakai kanvas, kertas, bahkan dinding sebagai media pengaplikasiannya.

Lukisan sendiri adalah sebuah karya seni yang dimana proses pembuatannya dengan cara memoleskan kuas lukis dan cat kepada media pengaplikasian. Untuk catnya sendiri beragam macamnya mulai dari air, minyak, dan lainnya.

Aliran-aliran dalam karya seni lukis sendiri terbagi menjadi bermacam-macam, yaitu klasisme, romantisme, realisme, naturalisme, ekspresionisme, surealisme, abstrak, gotik, furutisme, dan konstruktivisme. Masing-masing dari mereka juga memiliki gaya dan ciri khas yang berbeda pula disetiap hasil karyanya.

2. Gambar

Contoh seni rupa 2 dimensi selanjutnya adalah gambar. Gambar adalah dimana proses kita menggunakan sebuah titik, garis, dan beberapa aspek lainnya untuk meniru atau membuat sesuatu yang lebih mendekati dengan realitas, seperti gambar illustrasi, arsitektur, dekorasi, dan lain sebagainya.

Bentuk dari objek, pencahayaan, material, dan lainnya diamati oleh penggambar dan diaplikasikannya pada gambar, sehingga gambar yang dibuat oleh penggambar menjadi lebih dekat dengan hal realitas.

3. Kaligrafi

Termasuk karya seni yang berupa tulisan indah. Pada umumnya karya seni ini ada pada negara-negara yang memiliki tulisan eksotis seperti arab, jepang, china, korea, dan lainnya. Media pada karya seni kaligrafi sendiri bisa menggunakan media kertas, kain kanvas, kayu, kuningan, dinding, dan lainnya.

Jenis-jenis kaligrafi memiliki nama berbeda dari setiap negara, salah satu contohnya jepang mempunyai shodo, meskipun seni tersebut berasal dari china, awalnya kegiatan ini hanya untuk sebagai menulis kanji namun skarang dilestarikan sebagai sebuah karya seni berupa tulisan indah.

4. Desain Komunikasi Visual

Seperti namanya, kita menggunakan media desain untuk menyampaikan pesan secara visual. Desain komunikasi visual ini mencangkup berbagai aspek, contohnya desain grafis yang erat dengan layout, logo, poster, dan lain sebagainya, kemudian multimedia yang berkaitan dengan media yang memiliki banyak fungsi, contohnya televisi atau video yang memiliki gambar dan suara, dan masih banyak jenis lainnya dari desain komunikasi visual.

Desain komunikasi visual biasanya menggunakan alat bantu yang bersifat digital, dan diperuntukan untuk seni modern sebagai media penyampaian informasi. Contoh mudahnya sebuah karya seni 2 dimensi pada desain komunikasi visual adalah poster, gambar digital, logo, dan lainnya.

5. Fotografi

Fotografi adalah sebuah karya seni dari hasil kita mengambil atau menangkap gambar dan momment yang ada di dalam kehidupan kita. Seni fotografi sendiri sama halnya seperti desain komunikasi visual yang mengandalkan alat bantuan yang bersifat digital yaitu kamera, baik kamera digital ataupun handphone.

Hal yang dinilai dari hasil karya fotografi sendiri adalah moment yang ditangkap di dalam gambar tersebut. Umumnya foto dari hasil fotografi yang bagus memiliki sebuah cerita dan perasaan dibalik foto tersebut, baik dari ekspresi model, keadaan sekitar, dan beberapa faktor lainnya.

Itulah 5 contoh karya seni rupa 2 dimensi murni dan terapan beserta penjelasannya. Semoga bermanfaat bagi Anda.