Cara Menghilangkan Kantung Mata

Firespringfund –┬áSalah satu bagian wajah yang sensitif dan sangat diperhatikan adalah kantung mata, terutama oleh para wanita. Bagaimana tidak, walaupun tidak berbahaya dan tidak sakit, kehadiran kantung mata ini bisa membuat wajah terlihat tampak lelah dan lebih tua. Apalagi mata merupakan salah satu bagian wajah yang selalu menjadi perhatian orang lain.

Menyamarkannya dengan kosmetik bisa jadi salah satu solusi cepat untuk mengatasi hal ini. Namun, akan lebih baik lagi jika bisa dihilangkan secara permanen, bukan? Nah, buat Anda yang memiliki masalah tersebut, jangan khawatir atau panik. Anda bisa menggunakan bahan-bahan alami berikut ini untuk menghilangkan kantung mata dengan efektif.

1. Kompres Dingin

Untuk menghilangkan kantung mata yang mengganggu, Anda bisa mengompresnya dengan kain bersih yang sudah dibasahi dengan air dingin. Atau, Anda bisa membungkus es batu dengan kain bersih tersebut. Suhu dingin yang ditempelkan ke area kantung mata bisa membantu mengurangi pembengkakan sekaligus mengecilkan pembuluh darah. Artinya, sirkulasi darah pun bisa berjalan dengan baik.

2. Tempelkan Irisan Mentimun

Salah satu cara paling sederhana untuk menghilangkan kantung mata adalah dengan memanfaatkan irisan mentimun. Caranya juga mudah, buah mentimun yang sudah dibersihkan diiris tipis-tipis lalu tempelkan ke area mata. Biarkan irisan mentimun tersebut selama setengah jam. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, Anda bisa melakukan hal ini secara rutin.

3. Tempelkan Kantong Teh

Cara menghilangkan kantung mata yang paling sering dilakukan adalah dengan memanfaatkan kantong teh celup. Setelah menyeduh teh, jangan langsung dibuang kantungnya. Tapi, simpan di lemari es minimal selama 20 menit sebelum menggunakannya.

Saat akan digunakan, peras terlebih dahulu kelebihan cairannya lalu oleskan ke area bawah mata Anda. Kemudian, letakkan kantong teh tersebut di atas mata dalam keadaan tertutup dan biarkan selama 15-30 menit.

4. Perbanyak Minum Air Putih

Salah satu penyebab timbulnya kantung mata adalah kurang asupan air atau dehidrasi. Untuk itu, agar kantung mata tidak bertambah parah, konsumsilah air putih dalam jumlah yang cukup minimal 8 gelas per hari.

5. Gunakan Kentang

Cara lainnya untuk menghilangkan kantung mata adalah dengan menggunakan irisan kentang yang sudah dicuci bersih. Anda bisa meletakkan irisan kentang tersebut ke mata selama 15 menit. Atau, bisa juga dengan menumbuk kentang tersebut terlebih dahulu hingga halus lalu masukkan ke dalam kantong yang bersih dan lembut. Barulah kantung tersebut yang dikompreskan ke mata.

6. Sendok Beku

Cara menghilangkan kantung mata yang paling praktis adalah dengan menggunakan dua buah sendok besi atau stainless. Caranya, masukkan dua sendok tersebut di freezer semalaman. Esok harinya, tempelkan sendok tersebut ke bagian kantung mata yang berfungsi sebagai kompres. Tahan terus sampai sendok tersebut menjadi hangat.

7. Gunakan Lidah Buaya

Selain menyuburkan rambut, lidah buaya juga bisa digunakan untuk menghilangkan kantung mata. Caranya adalah dengan mengiris lidah buaya dan ambil bagian dagingnya yang berlendir. Kemudian, usapkan lendir atau gel lidah buaya di bagian bawah mata yang menggelembung dan biarkan selama 15 menit lalu bilas hingga bersih. Ulangi cara ini beberapa kali dalam seminggu agar hasilnya bisa maksimal.

8. Gunakan Jeruk nipis dan lemon

Untuk mengatasi masalah kantung mata ini juga bisa dengan menggunakan irisan jeruk nipis dan lemon. Anda cukup menempelkan irisan jeruk tersebut ke bagian mata selama 10-15 menit dan lakukan beberapa kali seminggu agar hasilnya bisa maksimal.

Cara menghilangkan kantung mata yang efektif bisa dengan memanfaatkan bahan di sekitar Anda seperti mentimun, kantong teh, kentang, es batu, lidah buaya, hingga sendok besi. Dengan bahan-bahan alami tersebut, minum air putih dan istirahat yang cukup mampu menghilangkan permasalahan Anda. Selamat mencoba.