Manfaat Jeruk Nipis

Firespringfund –┬áJeruk nipis termasuk dalam kategori famiia rutaceae. Tinggin tanaman ini kurang lebih 3,5 meter. Batang pohon jeruk nipis memiliki ciri-ciri sebagai berikut, yakni batangnya berduri, berbentuk bulat, berkayu, serta memiliki warna putih kehijauan. Sedangkan untuk daun jeruk nipisnya sendiri memiliki bentuk bulat telur dengan tepian beringgit, ujung tumpul, dan membulat.

Daun jeruk nipis ini memiliki panjang 2,5 sampai 9 cm dan lebar 2 sampai 5 cm. Buah jeruknya sendiri memiliki diameter 3,5 sampai 5 cm. Ketika jeruk nipis masih muda, buahnya akan berwarna hijau. Sementara untuk jeruk nipis yang tua akan berubah warna menjadi kuning.

Dibalik rasa masam dan segar dari jeruk nipis, ternyata memiliki manfaat tersendiri bagi tubuh. Nah, berikut ini akan dijelaskan beberapa manfaat jeruk nipis untuk kesehatan lemgkap beserta dengan efek sampingnya juga.

Manfaat Jeruk Nipis Untuk Kesehatan

Selain digunakan sebagai bahan makanan dan minuman, jeruk nipis ini ternyata memiliki banyak sekali manfaat yang mungkin tidak Anda ketahui sebelumnya. Menurut Badan Penelitian dan Pengembangan Tanaman Obat dan Obat Tradisional atau yang biasa disebut dengan B2P2TOOT ini, jeruk nipis ternyata memiliki bangak kandungan nutrisi atau zat gizi yang sangat bermanfaat bagi tubuh.

Kandungan kimia yang ada pada buah jeruk nipis ini antara lain adalah Asam Sitrat, Asam Amino, ada juga kandungan Asam Sitrun, Minyak Atsiri, Dammar, Fosfor, Glikosida, Lemak, Vit B1, Kalsium, Zat Besi, Belerang, dan Vit C.

Nah, dengan berbagai kandungan tersebut, buah jeruk nipis banyak memberikan manfaat jeruk nipis untuk kesehatan. Manfaat jeruk nipis ini diantaranya adalah sebagai obat penurun panas, obat batuk, obat pegal linu, menurunkan kolesterol, hingga menurunkan lemak darah.

Baca juga: Cara menghilangkan kantung mata

Efek Samping Jeruk Nipis

Selain mengandung zat gizi yang sangat bermanfaat untuk kesehatan tubuh, ternyata didalam jeruk nipis juga terkandung beberapa senyawa aktif. Senyawa aktif ini adalah octopamin dan synephrine.

Tidak hanya itu, ternyata buah jeruk nipis juga memiliki kandungan zat flavonoid dan pektin. Kandungan lain dari kedua senyawa aktif tersebut adalah hesperidin, limonene, naringin, neohesperidin, dan tangeretin.

Ternyata, senyawa aktif ini selain bisa memberikan manfaat jeruk nipis untuk kesehatan, juga dapat memberikan efek samping yang dapat merugikan kesehatan tubuh seseorang yang mengkonsumsinya secara berlebihan.

Dalam buah jeruk nipis terkandung serar pektin. Serat pektin merupakan salah satu zat yang dapat berperan serta dalam proses menurunkan berat badan. Dimana serat ini akan membantu untuk mengurangi rasa lapar sehingga dapat menahan keinginan untuk terus makan.

Selain itu, pektin juga digunakan sebagai penstabil gula darah dan insulin, serta dapat digunakan untuk menurunkan kadar kolesterol. Namun pada kenyataannya dilapangan, belum ada bukti yang menunjukkan bahwa kandungan yang ada dalam buah jeruk nipis ini bisa digunakan untuk menurunkan berat badan secara efektif.

Hal ini disebabkan karena mekanisme tersebut hanya dapat dicapai dengan dosis tinggi atau dengan kata lain mengkonsumsi jeruk nipis dalam jumlah banyak secara rutin. Selain pektin, buah jeruk nipis juga mengandung sineferin yang memiliki struktur kimia sama dengan epinefrin.

Sineferin ini dapat menyebabkan tekanan darah meningkat yang akan berdampak buruk bagi kesehatan jantung serta pembuluh darah. Senyawa sineferin dapat menyebabkan migraine dan sakit kepala lainnya.

Selain memiliki kandungan manfaat jeruk nipis untuk kesehatan, buah jeruk nipis ini juga mengandung senyawa dihydroxybergamottin sebanyak 69,79%. Senyawa ini dapat menghambat fungsi sitokrom. Sitokrom ini sendiri merupakan suatu enzim yang berfungsi sebagai metabolisme obat didalam tubuh.

Inilah beberapa manfaat yang bisa Anda dapatkan dari mengkonsumsi buah jeruk nipis. Namun perlu diingat untuk mengkonsumsinya sesuai dengan anjuran untuk menghindari adanya efek samping dari kandungan yang terdapat dalam buah jeruk nipis ini.